About Me

My photo
Producing handmade soap, body butter, scrub, and balm with less chemicals but beneficial is our goal. We use simple high quality ingredients : Coconut Oil, Olive Oil, Rice Bran Oil, Sunflower Oil, Cocoa Butter, Shea Butter, Beeswax, and Herbs. We do use synthetic chemicals as they are necessary such as preservative in cream/lotion, emulsifier, micas and oxides as skin safe colorants, fragrance oil. All of our products are carefully crafted. Mengapa saya membuat sabun? Ada banyak alasan, yang utama kekaguman saya atas reaksi dari bahan2 sederhana yaitu minyak ditambah Sodium Hydroxide menghasilkan sesuatu yang sangat berbeda, yaitu sabun. Kreativitas tanpa batas menjadikan proses membuat sabun sangat menarik. Bahan2 alam mengagumkan di Indonesia membuat saya percaya negeri ini indah.

Tuesday, June 4, 2013

The Difference between Essential Oil and Fragrance Oil




Essential Oil (EO) berasal dari ekstraksi tumbuh-tumbuhan dengan menggunakan beberapa cara: distilasi, ekstraksi dengan CO2, dan dengan solvent. Fragrance Oil (FO) adalah wewangian yang diproduksi secara sintesis.  Jadi apakah EO lebih aman daripada FO? Tidak sepenuhnya demikian. Keduanya tidak boleh digunakan secara langsung di kulit, harus dilarutkan dulu dengan carrier oil seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, dan lain-lain. EO tertentu seperti Cinnamon EO (minyak atsiri kayu manis) mudah mengiritasi kulit, tidak disarankan untuk pemakaian topikal. Beberapa EO juga tidak boleh digunakan pada wanita hamil dan/menyusui seperti Fennel dan Rose karena dapat merangsang kontraksi.

Bagaimana dengan FO? Salah satu zat yang berbahaya yang terdapat di FO adalah phtalate. Beberapa studi menunjukkan phthalate merupakan hormon disruptor.  In studies of rodents exposed to certain phthalates, high doses have been shown to change hormone levels and cause birth defect. (wikipedia)
Selain phthalate, sebuah FO bisa terdiri dari 40 ingredients dan produsen tidak wajib untuk mencantumkan seluruh ingredientsnya karena wewangian merupakan trade secret.
Jadi bagaimana sebaiknya? Untuk EO pilih yang tidak mengiritasi kulit dan aman. Untuk FO pilih yang skin safe (tidajk semua FO skin safe, ada yang untuk ruangan, lilin, dan lain-lain) dan sebaiknya ada keterangan dari produsen bahwa FO tersebut phthalate free.

No comments:

Post a Comment